4 Rekomendasi Makanan Bayi Umur 8 Bulan

Memberikan makanan sesuai dengan tahapan proses pertumbuhan bayi memang sangat penting untuk dilakukan para ibu. Pada saat memasuki usia 8 bulan maka pencernaan bayi semakin sempurna sehingga sudah bisa dikenalkan dengan menu-menu makanan baru. Berikut beberapa rekomendasi makanan bayi umur 8 bulan yang dapat dicoba untuk si kecil.

Jenis Makanan Untuk Bayi Usia 8 Bulan

  1. Buah-Buahan

Kebiasaan agar si kecil suka mengonsumsi buah-buahan dapat anda latih sejak dini. Hal tersebut dikarenakan buah merupakan sumber mikronutrien, vitamin dan mineral yang sangat baik dalam membantu tumbuh kembang si kecil. Terdapat beberapa jenis buah yang dianjurkan untuk digunakan sebagai makanan pendamping ASI pada bayi usai 8 bulan diantaranya adalah apel, pisang, wortel, kiwi, strawberry, dan pepaya.

  1. Sayuran

Sayuran sangat wajib anda tambahkan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada sayur dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan tulang. Terdapat beberapa jenis sayuran yang biasanya dianjurkan untuk bayi usia 8 bulan diantaranya yaitu buncis, worte, labu kuning, tomat, dan kacang panjang.

  1. Tahu

Makanan bayi umur 8 bulan selanjutnya yaitu tahu yang dapat menjadi salah satu pilihan menu makanan pendamping ASI untuk si kecil. Tahu merupakan makanan yang kaya akan protein dan merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi. Dengan memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan, maka hal tersebut dapat membantu dalam proses tumbuh kembang si kecil.

  1. Ayam

Selain tahu, salah satu sumber protein yang baik adalah ayam.  Bahkan ayam diklaim sebagai salah satu makanan yang paling sehat untuk bayi. Kandungan yang terdapat pada ayam sangat membantu dalam proses pertumbuhan buah hati. Selain itu, lemak alami yang terdapat pada ayam mampu menunjang kebutuhan nutrisi dan lemak pada tubuh bayi. Pada saat membuat makanan bayi maka hindari untuk menggunakan MSG karena dapat berbahaya untuk kesehatan si kecil.

Ayam banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi seperti zat besi, tembaga, magnesium, kalium, dan vitamin D yang dapat menjaga pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Ayam bisa anda jadikan sebagai salah satu bahan untuk menu makanan bayi umur 8 bulan. Anda bisa menghaluskan daging ayam terlebih dahulu, lalu mencampurnya dengan makanan utama bayi. Haluskan dengan baik sehingga makanan mudah dicerna oleh si kecil.

Memilih makanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bayi memang sangat penting untuk selalu diperhatikan oleh para ibu. Hal tersebut bertujuan agar anda tidak salah dalam memberikan makanan pada bayi sehingga dapat menyebabkan masalah pada pencernaan hingga alergi. Jika anda merasa kesulitan dalam memilih makanan yang tepat untuk si kecil, maka sebaiknya anda segera melakukan konsultasi pada dokter gizi untuk mendapatkan saran yang tepat.