Cara Cek Backlink Website Secara Gratis

Salah satu indikator untuk meningkatkan rangking dan traffic website selain hosting murah adalah backlink. Sayangnya, backlink yang buruk bisa menenggelamkan situs. Untuk itulah, memahami cara cek backlink website ini diperlukan.

Sederhananya, backlink merupakan link khusus yang ditanam dalam website lain untuk diarahkan ke situs Anda. Link ini akan memberikan kekuatan bagi situs. Dengan catatan bahwa link tersebut memiliki authority tinggi.

Biasanya, pemilik situs akan mencari situs tersebut. Kemudian menanamkannya satu persatu dengan harapan bisa menaikkan peringkat.

Untuk mengetahui keberhasilannya, Anda perlu melakukan pemeriksaan. Anda bisa melakukannya tanpa harus keluar biaya.

Alasan Melacak Backlink Situs

Menjaga kesehatan situs sudah menjadi keharusan. Pemiliknya yang bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan situs. Salah satu bentuk penjagaan ialah dengan melakukan pelacakan terkait backlink. Lalu, kenapa perlu dilakukan pemeriksaan?

  1. Menjaga Reputasi Situs

Perlu diingat bahwa backlink tidak hanya memberikan kekuatan bagi situs. Tetapi juga bisa membuat situs jelek di mata google dan user.

Buruknya penilaian Google tidak lain berasal dari pengaruh backlink yang buruk. Jika link ini mengarah pada situs, situs akan mengalami penurunan peringkat. Kondisi seperti ini berpengaruh pada menurunnya traffic hingga ke titik nol.

  1. Menghindari Negatif SEO

Faktanya, Anda bersaing dengan competitor yang cukup banyak. Tingkat persaingan tinggi membuat setiap pemilik akan melakukan berbagai cara. Tujuannya ialah bisa mendapatkan peringkat teratas di halaman pencarian untuk kata kunci utama.

Bersaing sehat tentu sangat baik. Setidaknya, persaingan ini memungkinkan setiap orang untuk terus belajar sekaligus menguji hasil penerapan dari link tersebut.

Tetapi sayangnya, ada praktik nakal yang sifatnya menjatuhkan. Ini dicontohkan dengan memberikan komentar spam di situs Anda.

Cara ini memang bisa dikenali dari dashboard website. Anda yang mengatur moderasi komentar dan melengkapi situs dengan filter spam bisa lebih aman.

Tetapi bagaimana jadinya jika situs Anda menjadi target dari situs negative. Contohnya ialah situs dewasa yang mengarah ke situs Anda.

Ini jelas berbahaya bagi kesehatan situs. Meskipun bukan Anda yang melakukannya, situs tetap terkena dampaknya. Secara perlahan, situs akan mengalami penurunan. Yang paling parah ialah diabaikan oleh mesin pencari sehingga situs tidak pernah muncul lagi di halaman pencarian.

  1. Meminimalkan Biaya Pengeluaran

Backlink ini bisa didapatkan dengan dua cara. Yakni membuatnya sendiri, dan membelinya dari penyedia jasa backlink.

Cara pertama ini bisa dikerjakan dengan atau tanpa biaya. Contohnya dengan mencari situs yang terbuka untuk menanamkan link. Atau, Anda membuat website khusus yang hanya dijadikan sebagai tempat menanam backlink.

Kemudian cara kedua ialah dengan memanfaatkan jasa. Jasa ini telah mengelola ratusan website dengan spesifikasi berbeda. Anda bisa menanamkan link di dalam website tersebut dengan tarif yang ditentukan oleh penyedia jasa.

Tetapi harus diingat bahwa situs yang dijadikan inang harusnya bagus. Tandanya ialah minim spamming. Dan inilah yang harus dilihat lebih awal sebelum memutuskan untuk membeli jasanya.

Cara Melacak Backlink

Ada beberapa cara cek backlink website yang bisa Anda gunakan. Cara ini terbilang gratis. Jadinya, Anda bisa meminimalkan pengeluaran biaya untuk pengecekan. Caranya ialah dengan memanfaatkan Google Analytic.

Cara ini akan bekerja ketika situs telah dihubungkan dengan Google Analytic. Karena layanan ini menjadi tempat untuk mengetahui aktivitas yang terjadi dalam website.

Jika sudah menghubungkannya, Anda hanya perlu masuk ke Google Analytic. Setelah itu, pilih Acquisition pada menu dropdown Acquisition reports.

Langkah selanjutnya ialah memilih All Traffic dan Referral. Pada menu referral inilah data backlink terekam jelas. Anda hanya perlu melihat dari mana sumber backlink yang menaut ke situs Anda.

Cermati apakah situs tersebut memang layak dijadikan backlink atau tidak. Apabila kualitasnya buruk, Anda tinggal menghapusnya. Contohnya dengan memanfaatkan Disavow backlink yang terdapat di Webmaster Tools.

Kelemahannya ialah google analytic hanya merekam backlink yang telah terindex. Jadinya, mesin pencari sudah mengidentifikasi dan menyimpannya.

Jika Anda ingin mendahului mesin pencari dalam merekam data, Anda bisa memanfaatkan tools dari Ahrefs.com. Situs ini akan memberikan informasi terkait backlink yang mengarah ke situs Anda meskipun baru ditanam.

Tools ini bisa di akses gratis sekitar 7 hari. Setelah itu, Anda akan terproteksi dalam menggunakannya. Jika ingin terus menggunakannya, Anda perlu membelinya.

Intinya, kendalikan backlink yang mengarah ke situs supaya peringkat website tetap terjaga. Pengendalian ini dilakukan dengan memfilter backlink buruk dengan memproteksi hingga menghapusnya. Sebelum melakukannya, terapkan cara cek backlink website untuk menemukannya.