Cara Menutup Kolam Renang Dilihat Dari Jenis Cover Kolam Renang Yang Digunakan

 

Berbicara mengenai cara menutup kolam renang tidak akan pernah lepas dari jenis cover kolam renang yang digunakan. Hal ini disebabkan beda cover kolam renang yang dipilih, maka akan berbeda pula cara pemasangannya. Untuk itulah, pahami terlebih dahulu covernya supaya tidak keliru melakukan penutupan.

Selain itu, sebenarnya ada hal penting lain yang harus diperhatikan sebelum memilih penutup kolam renang yang tepat. Yakni berkaitan dengan desain dan ukuran kolam renang itu sendiri. Misalnya saja seperti contoh desain kolam renang kecil ini.

Nah, bagi Anda yang juga kebetulan ukuran kolam renangnya tidak terlalu besar, mungkin setelah selesai membaca artikel ini akan memiliki pandangan cover kolam renang jenis apa yang tepat untuk dipasang.

Alasan Kolam Renang Butuh Penutup

Sudahkah terpikirkan bagaimana Anda menutup kolam renang? Meskipun ini jarang dipikirkan, tapi sebenarnya banyak keuntungan jika kolam renang ditutup. Ada beberapa alasan kenapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan cover kolam renang, diantaranya seperti:

  1. Mengurangi penggunaan chemical

Dengan adanya cover kolam renang, bisa menghindarkan dari kontak langsung sinar matahari. Sinar ultraviolet cahaya matahari bisa menurunkan kadar chlorine pada kolam renang secara perlahan.

Selain itu air hujan yang tercampur dengan air kolam juga bisa menurunkan kadar chlorine. Artinya dengan Anda memasang cover kolam renang, bisa menghemat penggunaan chlorin.

  1. Melindungi dari dedaunan kering

Dengan memasang pool cover, bisa membantu melindungi kolam renang dari dedaunan kering. Terlebih lagi untuk kolam renang outdoor.

  1. Menghindari resiko tenggelam

Penutup kolam renang yang terbuat dari fiber atau terpal cukup kuat untuk menahan beban jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Artinya cover kolam renang juga bisa menghindarkan dari resiko tenggelamnya anak-anak yang bermain di sekitar kolam renang.

  1. Mengurangi penguapan air

Pool cover seperti ini juga bisa difungsikan sebagai evaporasi atau menguapnya air pada kolam renang. Dengan demikian Anda bisa berhemat dalam hal penggunaan air dan obat pada kolam renang.

  1. Mempermudah maintenance

Kolam renang yang sudah dilengkapi dengan penutup sudah pasti tidak mudah kotor. Dengan demikian Anda bisa menghemat waktu dan tenaga dalam merawat kolam renang.

Cover Kolam Renang Model Tenda

Penutup kolam renang model tenda ini tampaknya yang paling umum digunakan di Indonesia. Apalagi penutup kolam renang model tenda ini cocok diaplikasikan pada berbagai jenis ukuran kolam renang. Mulai yang berukuran besar hingga yang minimalis sekalipun.

Bentuk dari cover kolam renang model tenda ini seperti tenda-tenda hajatan yang sering Anda lihat pada acara-acara pernikahan maupun sinatan. Artinya cover kolam renang yang satu ini secara model bisa dikatakan masih sangat konvensional.

Jenis penutup kolam renang yang ini memang yang paling rekomended untuk masyarakat Indonesia. Selain harganya yang sangat terjangkau, juga memiliki keunggulan dari segi kepraktisannya. Selain itu cover kolam renang seperti ini juga sangat multifungsi.

Cover Kolam Renang Model Kelambu

Model kolam renang yang kedua ini layaknya seperti kelambu. Sayangnya penutup kolam renang model ini hanya bisa difungsikan sebagai penutup kolam renang saja. Berbeda dengan yang model pertama tadi yang bisa digunakan pada saat cover terpasang.

Penutup kolam renang model ini umumnya banyak digunakan di negara-negara Barat. Mereka menggunakannya hanya untuk menutup kolam renang saja. Fungsinya adalah agar kolam renang bebas dari berbagai kotoran yang bisa ditimbulkan dari lingkungan sekitar kolam.

Cover Kolam Renang Modern

Penutup kolam renang jenis yang ketiga ini hanya bersifat sebagai penutup saja, misalnya seperti papan. Model ini sebenarnya sudah ada di Indonesia. Meskipun bisa dikatakan dari segi penggunaannya masih belum banyak.

Keunggulan dari cover kolam renang model ini adalah bisa disetting kapan saatnya terbuka dan kapan saatnya tertutup. Biasanya disetting ketika malam hari tertutup dan pagi harinya terbuka. Atau pada siang hari tertutup dan setelah sore hari terbuka secara otomatis.

Sekarang Anda tinggal memilih model cover kolam renang yang seperti apa. Apakah yang model tenda, model kelambu, atau model papan. Ketiganya adalah penutup kolam renang yang kini paling umum digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Dengan menggunakan penutup kolam renang seperti ini, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Dan yang terpenting adalah cara menutup kolam renang pun bisa lebih mudah dan praktis jika memilih salah satu dari ketiga model pool cover tadi.