Mengulas Lengkap Tentang Jenis-jenis Investasi Dan Hukum Investasi Dalam Islam

Dalam dunia ekonomi atau keuangan dikenal istilah investasi. Apa itu investasi? Investasi adalah kepemilikan suatu aset yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Sebagian orang menganggap investasi juga bagian dari penanaman modal.

Dalam melakukan investasi seseorang dapat mengeluarkan uang dengan jumlah yang besar. Dimana investasi ini dilakukan agar kehidupan di masa depan terjamin. Dalam islam investasi ini juga diatur dan mengedepankan keuntungan kedua belah pihak.

Seruni adalah salah satu wadah yang tepat untuk mengkonsultasikan investasi yang paling tepat untuk Anda. dimana mengedepankan keuntungan kedua belah pihak, sehingga dapat dipastikan tidak ada kesalahpahaman yang akan terjadi dimasa depan. Selain itu kedua belah pihak tidak akan ada yang dirugikan yang mana hal tersebut sesuai dengan syariat islam.

Sebagai umat islam wajib tahu hukum atas kegiatan apa yang dilakukan terutama yang berhubungan dengan uang. Anda pasti tidak ingin bukan, jika pada harta Anda mengandung unsur yang haram. Apalagi saat melakukan investasi, dimana sangat rentan sekali mengandung riba didalamnya. Sehingga perlu bagi Anda mengetahui tempat atau perusahaan yang cocok untuk Anda berinvestasi dan lain sebagainya.

Sebelum melakukan investasi, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui prinsip-prinsip utama dalam berinvestasi. Dimana hal tersebut juga dapat menjadi rem bagi Anda setiap kali Anda melakukan investasi. Adapun penjelasan lengkap tentang prinsip dan juga jenis investasi dapat Anda peroleh dengan membaca artikel ini hingga akhir.

Mengenal Prinsip-prinsip Utama Dalam Berinvestasi Sesuai Syariat Islam

Salah satu cara mempertahankan aset atau mengamankan aset yang dimiliki yaitu dengan berinvestasi. Dimana investasi ini sangat penting untuk menunjang kehidupan di masa depan. Namun sebelum berinvestasi sebaiknya para investor memperhatikan banyak hal salah satunya prinsip dalam berinvestasi.

Selain itu dalam berinvestasi pastikan Anda tidak melanggar syariat islam. Dengan demikian harta yang Anda miliki tidak mengandung unsur riba dan haram. Kembali ke topik, adapun prinsip-prinsip investasi dalam islam adalah sebagai berikut ini:

  • Investasi Dalam Bidang yang Halal

Setiap orang melakukan investasi dengan caranya masing-masing. Dimana ada sebagian yang suka berinvestasi dengan membeli tanah, rumah, barang-barang branded maupun berinvestasi kepada sebuah perusahaan.

Apapun barang yang Anda yakini dapat menjadi investasi dan dimanapun perusahaan yang Anda percaya untuk melakukan investasi, pastikan tidak ada unsur haram didalamnya. Misalkan Anda berinvestasi pada sebuah perusahaan, pastikan perusahaan tersebut tidak menjual atau menyediakan jasa yang diharamkan oleh islam seperti alkohol, makanan berbahan dasar daging babi dan lain sebagainya.

Kehalalan ini sangat penting, dimana ketika Anda berinvestasi pada suatu perusahaan maka secara tidak langsung Anda ikut menjadi bagian dari perusahaan tersebut. sehingga jika perusahaan tersebut bekerja pada sektor industri yang menghasilkan barang-barang haram atau tempat-tempat yang tidak sesuai syariat, maka itu sama seperti halnya Anda mendukung hal tersebut. sehingga keuntungan yang Anda dapatkan menjadi haram.

Oleh sebab itu sangat penting memperhatikan dimana Anda berinvestasi, seperti apa perusahaan tempat Anda berinvestasi dan apa produk yang dihasilkan. Pastikan Anda melakukan investasi pada tempat atau perusahaan yang memberikan manfaat kepada orang banyak dan tidak mengandung unsur riba di dalamnya.

  • Mempunyai Manfaat Untuk Kedua Belah Pihak

Prinsip kedua yang harus diperhatikan ketika berinvestasi adalah pastikan investasi yang dilakukan bermanfaat untuk kedua belah pihak. Baik investor atau penerima investasi saling diuntungkan. Maksud dari saling menguntungkan bagaimana?

Penerima investasi akan terbantu dengan dana yang diinvestasikan, karena berkat dana tersebut usahanya dapat lebih berkembang. Sedang investor akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan yang dijalankan oleh penerima modal. Dengan demikian keduanya sama-sama diuntungkan.

Jenis-Jenis Investasi Yang Halal Dan Sesuai Syariat Islam

Ekonomi dalam islam sudah diatur dimana islam sangat melarang atau mengharamkan riba. Sehingga apapun transaksi ekonomi yang dilakukan pastikan tidak mengandung riba didalamnya. Terutama ketika Anda akan melakukan investasi atau tanam modal. Adapun jenis-jenis investasi yang dapat Anda lakukan yang mana sesuai dengan syariat islam adalah sebagai berikut ini:

  • Investasi Untuk Usaha atau Bisnis

Salah satu investasi yang halal dilakukan adalah investasi bisnis atau usaha dengan syarat bisnis atau usaha yang dilakukan sesuai aturan islam. Dimana produk yang dijual dihalalkan dalam islam atau jasa yang disediakan tidak melanggar syariat.

  • Investasi Pada Bank Syariah

Beberapa orang ada juga yang melakukan investasi pada bank syariah. Investasi pada bank syariah biasa disebut dengan deposito. Deposito bank syariah adalah Anda memberikan sejumlah uang yang mana dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan uang Anda akan kembali disertai dengan bunga. Adapun bunga tersebut diperoleh dari pembagian hasil modal yang Anda tanamkan. Dimana Bunga yang Anda peroleh tergantung seberapa besar keuntungan yang diperoleh dari modal yang Anda tanamkan.

  • Investasi Emas

Emas merupakan logam mulia yang dapat dijadikan sebagai investasi. Dimana ketika Anda mempunyai banyak uang Anda dapat membeli emas batangan dan ketika emas sedang naik maka Anda dapat menjual emas tersebut.

Selain itu Anda juga dapat investasi properti, hewan ternak, tanah dan lain sebagainya. apapun investasi yang Anda lakukan atau inginkan seruni adalah jawaban dan solusi yang paling tepat. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.