Makanan Pendamping ASI Yang Tepat Untuk Usia 4 Bulan

Secara umum, bayi baru akan mulai belajar makan makanan padat selain ASI ketika sudah memasuki usia 6 bulan. Namun, pada beberapa kasus tertentu, bayi bisa saja mulai memerlukan makanan pendamping ASI (MPASI) lebih awal yaitu sejak usia sekitar 4 bulan. Sebelum mengetahui contoh makanan bayi usia 4 bulan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah faktor kesiapan bayi untuk menerima makanan padat. Beberapa ahli kesehatan tidak menganjurkan untuk memberikan makanan padat bayi bayi yang masih berusia 4 bulan atau kurang dari itu.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bayi dengan usia 4 bulan atau dibawahnya belum memiliki kemampuan fisik untuk bisa menelan makanan padat dengan aman. Ini juga berhubungan dengan sistem pencernaan bayi yang baru siap menerima makanan padat saat berusia 4 bulan keatas. Ketika anda memaksakan untuk memberikan makanan padat terlalu cepat maka risiko yang akan didapatkan adalah bayi akan mengalami obesitas, alergi makanan, asma, dan infeksi pernapasan pada bayi. Bagi anda yang bingung ingin memberikan MPASI yang seperti apa, saat ini sudah banyak sekali penjual makanan atau bubur organik bayi yang dijual di pinggir jalan. Namun, para ahli sangat menyarankan untuk membuat MPASI secara mandiri agar nutrisi, keamanan, dan kebersihan MPASI bisa diketahui dengan jelas dan pasti.

Berikut Ini Beberapa Rekomendasi Makanan Bayi Usia 4 Bulan

Pixabay.com

Sangat penting bagi orang tua untuk mernecakanan menu makanan bayi 4 bulan atau MPASI dengan benar. Karena masih berusia 4 bulan, ASI masih menjadi menu utama untuk si kecil. Oleh karena itu, ketika si kecil menolak untuk menghabiskan makanan, anda tidak perlu khawatir karena makananĀ  padat tersebut merupakan menu pendamping saja. Berikut ini beberapa contoh makanan bayi usia 4 bulan yang bisa anda buat sendiri di rumah :

Puree Buah

Menu pertama untuk bayi usia 4 bulan adalah puree buah. Agar lebih aman dan terhindar dari beberapa risiko anda bisa memberikan makanan dengan satu bahan makanan saja untuk mulai memperkenalkan rasa pada si kecil. Anda bisa memberikan pisang dengan cara dikerok sampai halus, atau air jeruk, alpukat dan puree apel.

Sereal Bayi

Sereal bayi merupakan slaah satu pilihan menu makanan bayi pertama yang direkomendasikan karena umumnya tidak mengandung pencetus alergi sehingga sangat aman bagi bayi. Berikan sereal dengan tekstur yang lembut sesuai dengan petunjuk penggunaan agar bayi terhindar dari kondisi sembelit.

Puree Sayur

Selain buah-buahan, anda juga bisa menggunakan puree sayur seperti puree yang terbuat dari ubi jalar, wortel, atau labu. Ini merupakan ide yang sangat menarik agar si kecil lebih bisa mengenal banyak rasa sehingga tidak bosan dan selalu mencoba hal yang baru.

Nah, itu dia tiga contoh makanan yang cocok untuk diberikan kepada bayi usia 4 bulan yang baru akan memulai untuk makan. Usahakan untuk memberikan jenis makanan yang berbeda setiap harinya. Untuk porsi makan, bayi tidak harus selalu makan sebanyak tiga kali sehari seperti orang dewasa. Lebih baik jika bayi makan dalam porsi kecil namun dilakukan lebih sering dibandingkan jika dalam sekali makan namun dengan porsi yang besar. Hal ini dikarenakan perut bayi hanya memiliki ukuran sebesar kepalan tanganya, sehingga bayi mungkin hanya akan makan Ā½ sendok makan untuk pertama kali. Disini anda tidak perlu terburu-buru memaksa bayi untuk menghabiskan makanannya. Porsi akan meningkat seiring pertambahan usia.

Selain mengetahui contoh makanan yang bisa diberikan untuk bayi usia 4 bulan, ada beberapa hal pendukung lainnya yang tidak kalah penting agar MPASI 4 bulan berjalan dengan lancar antara lain adalah :

Makan Bersama di Meja Makan

Bayi memang akan sering menirukan hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya. Inilah kesempatan anda untuk mengajarkan kepada si kecil agar makan pada tempatnya. Anda bisa menempatkan bayi di kursi makan khusus dan kemudian melakukan kegiatan makan bersama. Hal ini akan membiasakan bayi untuk mengetahui kapan dan dimana ia bisa makan.

Melatih Untuk Makan Sendiri

Pixabay.comBay

Anda sesekali bisa membiarkan bayi untuk memasukkan makanan sendiri ke dalam mulut. Untuk menghindari bayi tersedak, tentu anda harus selalu mengawasi dan menemaninya. Hal ini akan melatihnya untuk lebih mandiri dan tidak manja di masa mendatang.

Perlu Waktu Untuk Menyesuaikan Diri dengan MPASI

Mengenalkan makanan pada bayi memang tidak mudah dan akan memerlukan waktu dan kesabaran. Untuk itu jangan memaksakan bayi untuk terus memakan makanan yang disajikan hingga habis. Jika bayi sedang tidak berselera, maka anda bisa mencobanya di lain waktu.

Itu dia beberapa rekomendasi dan tips dalam memberikan MPASI untuk anak usia 4 bulan. Nikmatilah masa-masa bahagia bersama si kecil karena waktu itu tidak akan pernah kembali. Buatlah momen makan bersama sebagai momen yang menyenangkan.