Lebih Nyaman dan Ideal! Yuk Simak 6 Inspirasi Rumah Modern Minimalis Terbaik Berikut

Hunian dengan konsep kontemporer menjadi sangat diminati masyarakat Indonesia. Terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Pasalnya, desain ini tidak memakan banyak biaya baik untuk bangunan maupun furnitur. Bagi anda yang mendambakan desain rumah modern minimalis, yuk simak beberapa inspirasi berikut!

Inspirasi Hunian dengan Konsep Kontemporer Minimalis Terbaik yang Bisa Anda Coba

  1. Konsep Terbuka pada Ruang Keluarga

Eco living atau yang disebut juga gaya hidup yang ramah lingkungan merupakan tren yang digandrungi sebagian masyarakat modern. Kesadaran akan pentingnya menjaga alam dengan mengatur konsumsi energi yang digunakan kerap menjadi pertimbangan ketika menentukan suatu hal. Khususnya, pada desain ruangan di dalam hunian konsep minimalis.

Pada umumnya, hunian dibangun dengan dibatasi tembok di keempat sisinya. Namun, hunian yang mengusung gaya eco living style tidak akan menggunakan konsep seperti itu. Anda dapat memilih untuk tidak memasang pembatas pada sisi dinding. Hal tersebut akan membuat cahaya dan udara bebas masuk ke dalam hunian tanpa terhalang.

Selain dapat menjaga keseimbangan lingkungan, desain seperti ini mampu menampilkan kesan minimalis yang tampak luas. Anda bisa menerapkan konsep hunian terbuka untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Selain itu, gunakan jendela berukuran besar pada ruangan yang ingin anda tata.

Dengan menggunakan jendela yang besar akan meningkatkan penerangan serta sirkulasi udara di rumah lebih sehat. Selain itu, juga mengurangi risiko hunian menjadi lembap dan kurang nyaman untuk ditinggali. Akan lebih baik jika memasang jendela rumah yang menghadap arah matahari terbit, sehingga cahaya bisa didapat secara maksimal.

  1. Ruang Tamu dengan Ornamen yang Simpel dan Secukupnya

Untuk menerapkan konsep hunian kontemporer, anda harus menghindari menempatkan berbagai furnitur atau ornamen yang tidak perlu. Semakin sedikit perabot yang ada di ruangan, maka akan lebih mudah untuk mengorganisasinya. Sebaiknya tempatkan sebuah lukisan dengan ukuran yang cukup besar di dinding sebagai focal point rumah modern.

Selebihnya, anda bisa memilih furnitur berkarakter simpel. Selain itu jangan menggunakan banyak warna agar lebih terkesan rapi dan bersih. Anda bisa memanfaatkan warna monokrom pada tampilan ruang tamu seperti desain yang ada di gabdearq.com. Dengan mengusung warna netral seperti putih dan hitam akan menciptakan kesan minimalis yang kental.

  1. Dapur Minimalis yang Minim Perabot dan Peralatan

Dapur biasanya dikenal dengan area rumah yang paling kompleks. Sebab, terdapat berbagai peralatan memasak dan makan disimpan di ruangan tersebut. Biasanya para ibu menyiapkan peralatan tersebut untuk mempermudah proses menyiapkan hidangan bagi keluarga. Namun, apakah area dapur bisa disusun dengan lebih rapi?

Bagian dapur bisa saja ditata dengan rapi jika menggunakan gaya minimalis. Anda dapat mendesain dapur lebih sederhana supaya tampak bersih dan tertata. Selain memaksimalkan nuansa warna putih, konsep hunian kontemporer bisa diaplikasikan dengan mengurangi peralatan dan perabot yang tidak diperlukan di area dapur.

Jika memungkinkan, memilih ruang penyimpanan yang tertutup dapat menjadi solusi yang paling tepat. Anda dapat menempatkan kabinet yang menempel ke dinding dapur. Strategi lainnya adalah dengan menggunakan kompor tanam dan furnitur multifungsi agar proses memasak lebih terorganisir.

  1. Desain Pintu dan Jendela yang Memperkuat Kesan Kontemporer Minimalis

Inspirasi lain yang bisa anda aplikasikan pada hunian minimalis adalah pemilihan desain jendela dan pintu. Pintu dan jendela minimalis ditandai dengan motif sederhana dengan garis yang minim. Anda dapat memilih warna hitam dengan perpaduan bahan kaca untuk menciptakan kesan minimalis yang sederhana tetapi terlihat mewah.

Jendela dan pintu memiliki fungsi yang sangat penting pada hunian. Bahkan kedua elemen tersebut dapat melengkapi desain rumah modern terutama pada bagian depan. Maka dari itu, jangan sampai kedua hal tersebut luput dari perhatian anda ketika membangun hunian dengan konsep kontemporer minimalis.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan warna netral seperti putih. Pasalnya, warna memiliki kaitan erat dengan kesan yang ditampilkan pada gaya hunian minimalis. Anda bisa menggunakan warna putih untuk mengaplikasikan konsep kontemporer. Warna tersebut menimbulkan kesan yang kuat karena lebih sederhana dan bersih.

  1. Memanfaatkan Penggunaan Cermin Pada Setiap Ruangan

Apakah anda ingin menonjolkan konsep hunian kontemporer minimalis? Solusinya adalah menggunakan cermin di hunian. Cermin mampu memberikan ilusi optik yang membuat ruangan di rumah lebih terkesan lebar dan besar. Anda bisa menggunakan cermin dengan ukuran besar di bagian tengah rumah agar kesan ruangan lebih lebar meskipun ruangan anda terbatas.

Selain ruang tengah, anda dapat menerapkan konsep ini di ruang tamu. Gunakan saja cermin dinding atau gantung pada ruangan tersebut. Anda bisa meletakkan kaca besar berbentuk persegi yang ditata sampai memenuhi ruangan. Kaca cermin tersebut akan menciptakan komposisi sempurna yang membuat hunian lebih megah.

Tidak berhenti sampai di situ saja, penggunaan cermin bisa diaplikasikan dengan bebas di ruangan. Agar hunian anda memiliki gaya yang berbeda, bentuklah cermin menyerupai jendela. Tempatkan kaca secara berseberangan pada ruang tengah atau tamu. Selain itu, pilih bingkai kayu agar membuat kesan minimalis lebih terlihat.

  1. Menerapkan Pola Geometris

Gaya arsitektur kontemporer sangat kuat dengan elemen garis, baik itu vertikal, horizontal, geometris, maupun diagonal. Hal tersebut bisa diterapkan pada denah, desain, maupun bentuk bangunan. Anda harus menggunakan garis gelombang, lengkung, maupun asimetris jika ingin menerapkan konsep tersebut.

Konsep dalam membangun hunian kontemporer minimalis banyak didominasi oleh pola geometris dan garis. Tentunya perpaduan ini harus diaplikasikan dengan komposisi yang pas. Desain geometri dapat diterapkan di dinding ruang keluarga atau tamu. Anda juga dapat mengaplikasikannya pada perabot lemari bahkan lampu ruangan.

Selain itu, rumah modern minimalis menggunakan pola garis bukan hanya untuk sekedar pemanis ruangan saja. Garis garis akan berfungsi untuk memberikan ilusi mata. Garis vertikal dapat memberikan ilusi seolah olah plafon tampak lebih tinggi dari ukuran yang sesungguhnya. Sedangkan garis horizontal bisa dipakai di jendela, lemari, hingga wallpaper.

Itulah beberapa inspirasi hunian kontemporer minimalis yang bisa dijadikan referensi ketika ingin membangun sebuah rumah. Hunian dengan desain ini memiliki ruang yang tidak terlalu luas. Selain itu, penggunaan warna, perabot, ornamen, dan tata letak diaplikasikan secara sederhana untuk menghasilkan kesan yang lebih minimalis.