Enam Tips Manajemen Waktu dalam Islam

Waktu merupakan sebuah wujud dari nikmat dan karunia Allah yang harus kita syukuri dan jangan sampai kita biarkan begitu saja tanpa diisi dengan berbagai hal yang bermanfaat atau mengandung nilai positif. Waktu dapat tercipta karena adanya ridho Allah sehingga kehidupan ini bisa berjalan sampai dengan saat ini. Selain itu, penting juga untuk kita ketahui bersama bahwa waktu merupakan suatu hal abstrak yang tidak bisa ditangkap dengan indera dan menjadi pengantar manusia menuju dunia kekal serta tujuan penciptaan kehidupan.

Allah menciptakan waktu disertai dengan beberapa tujuan yang penting seperti misalnya agar manusia selalu senantiasa menghargai apapun yang terjadi karena waktu merupakan hal yang tidak bisa terulang kembali. Oleh sebab itu, dengan waktu kita dapat mengambil beberapa makna positif di dalamnya ketika menjalankan kehidupan. Setiap hal yang dimiliki dalam hidup manusia bisa disyukuri karena segala sesuatu tidak akan terlepas dari ikatan waktu. Bahkan kehidupan manusia juga memiliki rentan atau kurun waktu yang berbeda antar orang yang satu dengan lainnya. Dengan demikian, selagi kita masih hidup manfaatkan waktu yang ada dengan baik, berbuatlah baik yang bermanfaat bagi orang lain serta selaku bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah.

Dalam Islam, kita diajarkan untuk selalu menghargai waktu dan memanfaatkan sebaik mungkin. Hal ini bisa terlaksana jika kita mengisi segala waktu luang dengan ibadah serta menyempatkan untuk selalu berdoa kepada Allah. Untuk membagi atau memanajemen antara bekerja dan berbagai kegiatan duniawi dan waktu untuk beribadah kita bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini:

  1. Menghilangkan Kebiasaan Menunda Sebuah Pekerjaan

Menunda merupakan suatu hal yabg tidak baik dikakukan jika tidak dalam kondisi mendesak. Oleh sebab itu, perbuataan ini harus diantisipasi agar tidak menjadi sebuah kebiasaan buruk yang nantinya juga akan merugikan diri sendiri. Terlebih lagi jika menunda ibadah kepada Allah karena imbalan dari hal ini ialah dosa dan merugikan dunia akherat. Dalam Islam dianjurkan agar tidak menunda ibadah dan berbuat baik, mengingat kita tidak akan tahu sampai kapan umur kita dan apkah kita masih akan berjumpa dengan waktu berikutnya.

  1. Mengutamakan Segala Sesuatu Yang Wajib

Suatu hal yang wajib memang hendaknya segera dilakukan dan diutamakan, baik itu dalam hal perbuatan atupun ibadah. Ketika kita melakukan ibadah maka dahulukan yang wajib lalu lanjutkan dengan sunnah jika waktu dan kondisinya memungkinkan. Jangan sampai Anda justru melakukan ibadah sunnah namun meninggalkan ibadah dan amalan wajib. Meski hal ini keduanya sama-sama bernilai ibadah, namun termasuk ke dalam suatu hal yang terbalik dan tidak baik dilakukan. Sama halnya dalam kehidupan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari dimana kita harus mengutamakan kebutuhan primer dibandingkan kebutuhan skunder serta membuat sebuah skala prioritas agar kebutuhan primer bisa terlebih dahulu terpenuhi.

  1. Segera Dan Berusaha Menyelesaikan Suatu Pekerjaan Dengan Tepat Waktu

Menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu dengan tepat waktu merupakan kunci utama kita dalam menjalankan aktivitas dan pekerjaan. Jika kita cepat dalam menyelesaikan, maka pekerjaan atau aktivitas selanjutnya yang akan kita lakukan juga pasti berjalan dengan tepat waktu. Terlebih jika pekerjaan yang dilakukan memiliki target, maka usahakan kita tidak melampaui atau melebihi target yang telah ditentukan. Selain itu, ketika kita melakukan pekerjaan menjelang waktu ibadah, maka selesaikan tepat waktu agar tidak kehilangan waktu untuk beribadah.

  1. Menentukan Target Atau Batasan Waktu

Target atau batasan waktu penting untuk Anda perhatikan, meski pekerjaan yang Anda lakukan pada dasarnya tidak bertarget namun alangkah baiknya Anda menentukan batasan waktunya sendiri agar kegiatan yang bisa Anda lakukan bervariasi dan tidak hanya berkutat dalam satu pekerjaan. Dalam hal ini Anda juga harus memperhatikan waktu ibadah, istirahat atupun makan.

  1. Kurangi Aktivitas Yang Kurang Bermanfaat

Mengurangi aktivitas yang tidak terlalu bermanfaat merupakan langkah yang tepat dikakukan ketika Anda memerlukan tips dalam pembagian waktu. Hal ini akan terasa jika Anda sedang melakukan sebuah pekerjaan karena suatu pekerjaan akan cepat selesai jika Anda hanya fokus terhadap hal tersebut. Dengan kata lain, Anda tidak membagi konsentrasi dengan hal lainnya yang kurang bermanfaat seperti misalnya bermain game saat bekerja, menonton tv berlebihan, tidur berlebihan dan mengobrol atau banyak berbicara yang tidak penting dengan teman kerja. Manfaatkan waktu istirahat semaksimal mungkin agar saat bekerja Anda dapat berkonsentrasi penuh untuk selesai tepat waktu atau sesuai target. Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadist yang menerangkan bahwasannya masih terdapat banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan selain beberapa kegiatan kurang bermanfaat di atas.

  1. Mencoba Untuk Fokus Dengan Pekerjaan Yang Sedang Ditekuni

Fokus terhadap suatu hal dan tidak membagi konsentrasi merupakan sebuah kunci agar pekerjaan cepat selesai dengan hasil yang maksimal. Anda bisa memusatkan konsentrasi dan menanfaatkan keahlian dan keterampilan Anda semaksimal mungkin agar pekerjaan cepat selesai dan segera beralih pada aktivitas selanjutnya.

Itulah ke-6 tips yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan pekerjaan yang menerapkan manajemen atau pembagian waktu dalam Islam. Beberapa hal di aras erat kaitannya dengan ibadah wajib 5 waktu, mengenai informasi lebih lanjutnya Anda bisa membuka dan mencari tahu sendiri melalui https://wajibbaca.com/